Perkembangan teknologi di zaman sekarang ini sungguh mengesankan. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari perkembangan informasi dan teknologi, misalnya penyediaan informasi di internet yang kerapkali membantu kita dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaan kita.
Berkembangnya teknologi diidentikkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan manusia. Kini, yang menjadi problematika besar adalah pencarian planet baru seperti bumi yang dapat dihuni oleh mahluk hidup. Karena populasi mahluk hidup di bumi ini semakin bertambah, sedangkan jumlah daratan yang dapat dihuni semakin berkurang akibat terjadi bencana seperti tsunami misalnya.
Baru-baru ini, sebuah lembaga antariksa milik Amerika, yaitu NASA (National Aeronautics and Space Administration) mengumumkan penemuannya, yaitu penemuan planet baru yang memiliki kemiripan awal dengan planet bumi. Planet baru tersebut dinamakan Kepler-22b.
kepler-22b_comparisonkepler22b-earth
Kepler-22b memiliki ukuran 2,4 kali lebih besar dari bumi dan suhunya sekitar 22 derajat celcius. Diantara penemuan planet lainnya yang mirip bumi, planet tersebut memiliki kemiripan yang terdekat dengan bumi.
Jarak antara planet Kepler-22b dengan bumi sekitar 15% kurang dari jarak antara bumi ke matahari. Cahaya matahari di planet tersebut 25% lebih sedikit daripada cahaya matahari ke bumi. Namun demikian, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk Kepler-22b. belum diketahui apakah planet tersebut berbentuk padat atau gas, dan unsur lainnya agar dapat dihuni seperti bumi.
kepler-22b-new-earth-like-planet

date Selasa, 03 April 2012

0 komentar to “ditemukan planet baru mirip bumi”

Leave a Reply: